array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis Makanan dan Minuman Time  

Pembelajaran Tatap Muka Pada Juli 2021 Tidak Bisa Dilakukan Apabila Tidak Memenuhi Syarat

Banyak yang mengartikan pembelajaran jarak jauh sama saja dengan nggak sekolah. Karena dianggap lagi “nggak sekolah”, anak pun terpaksa bekerja untuk membantu keluarga. “Kemudian jika ada anak atau guru atau petugas sekolah yang memenuhi kriteria suspek, harus bersedia untuk dilakukan pemeriksaan swab,” katanya. Fasilitas penunjang protokol kesehatan harus lengkap, seperti tempat cuci tangan dan hand sanitizer serta alat pengukur suhu tubuh. “Aturannya sudah jelas, PTM hanya dijalankan dua kali dalam sepekan dengan durasi tidak lebih dari dua jam. Kapasitas ruangannya juga hanya boleh maksimal 25 persen, dan kantin sekolah juga tidak boleh buka,” ujarnya. “Tidak bisa kita nyatakan bahwa dengan kondisi ini harus dipaksakan tatap muka. Itu memang yang terbaik tapi kondisi pandemi ini tidak menentu. Perlu kita perhatikan lagi dan dipelajari,” pungkasnya.

Wakil Ketua Komisi X, Abdul Fikri Faqih, mengatakan keputusan ini tidak cukup hanya karena guru sudah divaksin. Namun juga harus mempertimbangkan masalah lain, mulai dari vaksinasi untuk siswa hingga zona penularan corona. Namun, pemerintah masih dilema dengan pandemi Covid-19 saat ini, terutama terkait dengan penyelenggaraan kegiatan pendidikan di semua jenjang pendidikan.

Dia menanggapi kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Rset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim yang akan membuka pembelajaran tatap muka di awal tahun pelajaran Juli 2021 itu. Jika menggunakan kendaraan antar-jemput, siswa mesti diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak, serta menjaga semua ventilasi dengan membuka jendela mobil. Selain itu, harus disediakan fasilitas cuci tangan di tempat-tempat strategis seperti sebelah kelas, sebelah rest Togel Online room.

Lapor Caovid-19 menemukan 34% masyarakat Jakarta ragu kemanjuran vaksin Covid-19 yang tengah divaksinasikan saat ini. “Sekolah diharapkan dari sekarang kalau siap untuk melakukan tatap muka harus segera meningkatkan kesiapannya untuk melakukan ini dari sekarang sampai akhir tahun,” ungkapnya. Melakukan penanganan kasus dan dapat menutup sementara PTM terbatas ketika ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19. Pasalnya, masih ada potensi penularan lain yaitu saat anak-anak bermobilitas dari rumah. Untuk itu, Jokowi menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 5 juta guru dapat diselesaikan pada pada Juni mendatang.

Hal tersebut turut menyangkut juga keamanan dari para siswanya yang tidak divaksin. Terlebih jika anak-anak atau murid sekolah menggunakan angkutan umum saat pulang maupun berangkat sekolah. Kebijakan Nadim juga turut ditanggapi oleh Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia .

Isu sekolah tatap muka Juli 2021

Namun, mantan bos Gojek ini juga menegaskan bahwa setiap sekolah yang guru-gurunya telah divaksinasi wajib menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas. Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan bahwa setiap sekolah yang guru-gurunya telah divaksinasi wajib menyelenggarakan pembelajaran tatap muka terbatas. Budi mengatakan, semua guru di Indonesia harus sudah divaksinasi sebelum melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah. Aman menyatakan, jika sekolah tatap muka tetap dimulai, maka pihak penyelenggara harus menyiapkan blended learning, yaitu anak dan orang tua diberi kebebasan memilih metode pembelajaran offline atau online .

Seluruh warga sekolah juga diwajibkan untuk menggunakan masker 3 lapis, serta rajin mencuci tangan. Karenanya, setiap satuan pendidikan wajib untuk menyediakan fasilitas cuci tangan guna mencegah terjadinya infeksi penyebaran Covid 19. Tidak kalah penting, adalah menerapkan etika batuk/bersin sehingga tidak menimbulkan penyebaran droplet yang menjadi sarana penularan infeksi Covid 19. Pemerintah melalui SKB 4 Menteri mengumumkan bahwa pembelajaran tatap muka akan dapat dimulai pada bulan Juli 2021. “Evaluasi kebijakan pembelajaran terus dilakukan, efektivitas pembelajaran jarak jauh tidak bisa disamakan dengan pembelajaran tatap muka. KPAI juga mendorong pemerintah daerah untuk melibatkan ahli penyakit menular dan IDAI di daerahnya untuk memberikan masukan soal PTM.

Jika rata-rata kasus Covid-19 di atas 10 persen, sebaiknya pemerintah daerah menunda pembukaan sekolah tatap muka. Sementara itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia mengatakan pembukaan sekolah tatap muka harus mempertimbangkan rata-rata kasus positif Covid-19 di daerah. Rata-rata kasus ini perlu dijadikan pertimbangan utama bagi pemenuhan hak hidup dan hak sehat para peserta didik. Namun, Protokol kesehatan 5M harus diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas. JAKARTA – Pembelajaran tatap muka secara terbatas bisa mulai dilaksanakan mulai sekarang.

Berbagai kebijakan tersebut dapat dikelompokkan dalam empat periode hingga akhir Maret 2021. Berdasarkan information dari laman Covid19.go.id hingga 22 Maret 2020, kelompok usia 3-18 tahun memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibandingkan kelompok usia lain. Para peserta didik hingga pendidikan menengah berada di rentang kelompok usia ini. Sedangkan, vaksinasi dosis kedua pada setiap tahap akan dilaksanakan sesuai dengan jenis vaksin dan interval yang telah ditetapkan. Tahap kedua akan menyasar pendidik dan tenaga kependidikan di jenjang SMP, SMK, dan sederajat.

“Katanya sih, guru-gurunya juga sudah divaksin. Memang sih, vaksin itu bukan jaminan kebal sama Corona. Meski ada rasa cemas, tapi saya yakin anak saya bisa sekolah dengan aman dan taat protokol kesehatan,” ujarnya. Sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan, guru dan peserta didik wajib pakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum masuk kelas, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak tempat duduk. Tak hanya itu, sekolah tatap muka akan dilakukan saat seluruh guru dan tenaga pendidik telah divaksinasi Covid-19. Untuk itu, Budi meminta seluruh kepala daerah untuk memberikan prioritas vaksinasi kepada guru dan lansia.