array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis Makanan dan Minuman Time  

Yuk Intip Pembelajaran Tatap Muka Sd

Ia mengatakan, awalnya Disdikbud Kota Bengkulu, akan melaksanakan proses pembelajaran tingkat SD dan SMP secara tatap muka, tapi sebulan ini kasus Covid-19 di daerah ini terus meningkat, sehingga tidak memungkinkan belajar tatap muka. Pendidikan di masa pandemi yang mana semua pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dan dalam jaringan dengan memanfaatkan smartphone masing-masing pelajar atau mahasiswa. Vaksin sudah mulai berjalan sejak pertengahan bulan Februari dan diharapkan pada Juni 2021 seluruh tenaga pendidik dan siswa sudah mendapatkan vaksin sehingga pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan pada Juli 2021. Kegiatan ini melibatkan perwakilan siswa siswi SD dan guru SDN Plumpang 1, 2, three, four, dan 5. Berawal dari kegelisahan yang dirasakan orang tua siswa bahwa dalam satu tahun ini anak-abak tidak lagi belajar di sekolah, namun lebih pada belajar dengan sistem dalam jaringan atau daring.

Meski pengajar dan peserta didik sudah di vaksinasi, namun dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka harus menerapkan protokol kesehatan 5M dan bukan lagi 3M. Namun untuk dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, para pengajar dan peserta didik harus sudah melakukan vaksinasi Covid-19. Keadaan inilah yang memaksa para guru berpikir keras untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Maka diambil keputusan untuk mengadakan rapat para guru, wali murid dan komite sekolah, untuk mencari solusi terkait hal ini.

Selanjutnya untuk satuan pendidikan di zona hijau, kepala satuan pendidikan wajib melakukan pengisian daftar periksa kesiapan sesuai protokol kesehatan Kementerian Kesehatan. Sementara itu, Dr. H. A. Umar, M.A., Direktur KSKK Madrasah, Kementerian Agama mengatakan, pembelajaran tatap muka sudah sangat siap dilakukan. Dari sisi kualitatif, persiapan warga sekolah dan madrasah rasanya sudah cukup baik. Apalagi dari segi psikologis, warga sekolah baik peserta didik maupun guru sudah sangat merindukan sekolah tatap muka.

Akan tetapi, pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan oleh sekolah di seluruh Indonesia harus dilakukan dengan sistem rotasi, yaitu 50 persen siswa yang masuk dan sisanya belajar melalui online. Dia menyatakan, sebelum simulasi sekolah tatap muka digelar, pihaknya bakal melakukan pemeriksaan swab kepada para pelajar itu. Hal ini untuk memastikan kondisi kesehatan Togel Online mereka dan meyakinkan para orang tua. “Karena ada keraguan dari orang tua juga. Orang tua ada yang ragu, takut anaknya sekolah. Tapi kalau anaknya kita swab itu kan tidak ada lagi keraguan untuk sekolah,” katanya. Seperti diketahui, pemerintah akhirnya memutuskan untuk memperbolehkan kegiatan pembelajaran tatap muka atau pembukaan sekolah di wilayah zona hijau.

Tatap muka bagi anak SD

“Ternyata ada kenaikan. Memang pada tahun 2020 kami sudah menyerukan bahwa pemerintah daerah wajib untuk mendukung pembukaan sekolah ini dengan membantu anggaran,” ujar Retno. Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim beberapa waktu lalu menyatakan bahwa pembelajaran tatap muka secara terbatas akan dilakukan pada bulan Juli tahun ini. “Bagi anak yang tidak mendapatkan izin dari orang tua, tentunya tetap mengikuti belajar jarak jauh,” katanya. Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Tengah , Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran meminta masyarakat untuk menaati protokol kesehatan dan mengurangi kegiatan berkerumun di luar rumah.

’’Saat ini 88 persen dari keseluruhan daerah 3T berada di zona kuning dan hijau,’’ katanya kemarin. Dengan penyesuaian SKB ini, satuan pendidikan yang siap dan ingin melaksanakan pembelajaran tatap muka memiliki opsi untuk melaksanakannya secara bertahap dengan protokol kesehatan yang ketat. Dari hasil monitoringnya, dia menilai proses pembelajaran tatap muka terbatas di Banyuwangi telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.