array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis Makanan dan Minuman Time  

Kemkes Minta Pemda Segera Koordinasi Untuk Kebut Vaksinasi Guru

Ia bersyukur terpilih menjadi salah satu penerima vaksin perdana bagi kelompok PTK. Untuk menghilangkan kekhawatiran, ia mengaku banyak membaca testimoni orang-orang yang sudah divaksin. “Saya coba baca-baca di Google, cerita Pak Jokowi dan orang-orang setelah divaksin,” ungkapnya yang mengaku baru semalam diberitahu untuk ikut vaksinasi Covid-19. Menanggapi hal ini, sejumlah guru yang tergabung dalam berbagai asosiasi menyampaikan dukungannya. Diantaranya adalah Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia , Unifah Rosyidi yang menyambut baik peluncuran pertama vaksinasi bagi PTK.

Vaksinasi terhadap guru diperlukan, meskipun belum diperlukannya langkah untuk membuka kembali sekolah. Di tempat yang sama, Sesditjen Pauddasmen Kemdikbud Sutanto menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. “Terutama yang mungkin hampir pasti di zona zona hijau dan mungkin sedikit yang kuning sudah melaksanakan PTM. Artinya masih sisa 70 persen yang didorong untuk melaksanakan PTM pada bulan Juli ini,” ucapnya. “Banyak profil guru kita yang relatif sudah sepuh. Jadi kalau dia tidak divaksin, resikonya besar sekali,” tandasnya.

Mengingat, pembelajaran tatap muka terbatas sudah kembali berlangsung pekan lalu. Merdeka.com – Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka vaksinasi Covid-19 untuk para guru dan tenaga pendidik di fasilitas kesehatan atau faskes yang ada. JAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka vaksinasi Covid-19 untuk guru dan tenaga pendidik Provinsi DKI Jakarta di fasilitas kesehatan yang disediakan Pemprov DKI Jakarta. “Dengan pasokan vaksin yang sering terhambat karena diluar kontrol kita, kita masih bisa memvaksinasi 28 persen dari 5,6 juta pendidik dan tenaga pendidik di Indonesia dengan waktu yg lumayan singkat,” ucapnya. Huda menerangkan, pekerjaan lainnya bagi pelaksanaan PTM terbatas ialah kesiapan sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan selama pembelajaran. Huda mengutip laporan Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang menyebut, kesiapan sekolah sudah mencapai sekitar 70 persen.

Ini terjadi akibat minimnya informasi dan sosialisasi mengenai vaksinasi PTK dari Pemprov DKI Jakarta, membuat progres vaksinasi tidak ada peningkatan. Bahkan, Pemprov DKI Jakarta secara resmi telah melakukan uji coba belajar tatap muka pada tanggal 7-29 April 2021 dengan melibatkan 85 sekolah yang sudah lolos penilaian dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Lanjut dia, saat ini jumlah penerima penyuntikan vaksinasi dosis pertama dan kedua telah mencapai 1,eight juta orang.

PTM pun hanya dinilai sebaiknya diperuntukkan bagi materi-materi mata pelajaran yang sulit saja. FSGI pun meminta pemerintah daerah untuk tidak mengizinkan PTM terbatas jika positivity fee kasus covid-19 masih di atas 5%. Juga mengingat bahwa saat ini masih terjadi lonjakan kasus harian secara nasional setelah libur Hari Raya Idulfitri atau lebaran. Sebuah studi di sekolah dasar distrik sekolah Georgia menunjukkan penggunaan masker dan jaga jarak terkadang tidak memadai. Riset melibatkan sekitar 2.600 siswa dan 700 anggota staf sekolah dasar distrik sekolah menunjukkan sembilan kelompok kasus Covid-19 yang melibatkan thirteen pendidik dan 32 siswa di enam sekolah dasar. “Syukur alhamdulillah, dari survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia, 71% sekolah sudah siap untuk melaksanakan protokol kesehatan. Sekaligus menyediakan protokol kesehatan di sekolahnya masing-masing,” tuturnya.

Ia menekankan pentingnya peran para pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, tenaga medis, PTK dan pihak terkait lainnya. “Guru-guru yang telah divaksin wajib memberikan pelayanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan,” tegas Mendikbud. Data vaksinasi harus terus dimonitor sehingga diharapkan one hundred persen guru dan tenaga pendidik sudah mendapat vaksin dua kali dosis. JawaPos.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan di wilayah DKI Jakarta dikatakan belum jelas.

Vaksin bagi guru di Jakarta

Peserta yang sudah mendapat undangan kemudian bisa langsung divaksinasi sesuai jadwal dan tempat yang sudah tertera di surat undangan vaksinasi. Dan kita berharap pada bulan ini, bulan Juni, goal untuk vaksinasi per hari 700 Agen Bola Online ribu itu betul-betul bisa tercapai, sehingga di bulan Juli kita sudah masuk pada goal vaksinasi per hari satu juta . Hal ini mengingat masih banyak dari para guru-guru di sekolah yang berusia rentan.