array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Tips agar anak mau mendengar nasihat Time  

Cegah Kerusakan Gigi Anak Dengan 3 Cara Ini

Selain karena gambarnya, sikat gigi ini juga sudah dirancang sedemikian rupa untuk merawat gigi anak. Setelah gigi si Kecil tumbuh lebih banyak, Ibu bisa menggosok giginya setelah sarapan dan sebelum tidur. Gunakanlah sikat gigi kecil khusus untuk si Kecil dengan bulu lembut dan pakai pasta gigi dengan kandungan flour.

Keadaan mulut dan gigi yang tidak terawat akan menimbulkan banyak masalah serta rasa tidak nyaman. Dalam usaha mendapatkan kesehatan gigi dan mulut yang baik, dibutuhkan kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rajin menyikat gigi secara tepat dan benar. Pembiasaan untuk hidup sehat perlu dilakukan dengan penuh kesadaran sehingga dapat terlaksana dengan efektif. Tujuan pelaksanaan aktivitas ini adalah untuk membangun kesadaran dini anak-anak usia 4-6 tahun di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Jakarta Barat, yaitu daerah Tegal Alur, dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Umumnya radang gusi dapat terjadi pada anak yang mengalami kekurangan vitamin C disertai dengan perawatan gigi yang buruk. Radang gusi biasanya ditandai dengan adanya gusi berdarah dan sariawan. Tidak berbeda jauh dengan karies gigi, radang gigi juga disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Kesehatan gigi anak bergantung pada makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Ajak anak makan sayur dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan gusi dan tulang. Batasi makanan-makanan yang manis dan asam karena bisa merusak gigi dan gusi.

Cara menjaga kebersihan gigi anak

Berbagai sikap dan perilaku anak akan muncul pada saat dimulainya proses ini. Namun demikian anak akan mudah menyesuaikan apabila telah terjalin komunikasi yang interaktif antara anak dengan orang tua atau pengasuh. Prilaku merupakan suatu aktifitas manusia yang sangat mempengaruhi pola hidup yang akan dijalaninya. Proses pembentukan prilaku yang diharapkan memerlukan waktu serta kemampuan dari para orangtua di dalam mengajarkan anak. Oleh karena itu bila pola hidup yang dijalaninya merupakan pola hidup yang sehat maka perilaku yang akan diterapkan di dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut pun merupakan pola hidup yang sehat.

Mom dapat menggunakan kain lembut basah atau sikat jari untuk menyeka gusi mereka dan menghilangkan bakteri. Menyikat gigi merupakan cara yang umum dianjurkan untuk membersihkan debris atau deposit plak pada permukaan gigi dan gusi. Manfaat menyikat gigi adalah menghilangkan kotoran dan sisa makanan sehingga dapat mencegah penyakit gigi dan mulut. Tujuan menyikat gigi adalah membersihkan mulut dari sisa makanan agar fermentasi sisa makanan tidak berlangsung lama, sehingga kerusakan gigi dapat dihindari. Karies gigi merupakan penyakit yang merusak struktur gigi dan sering mengakibatkan gigi berlubang.

Oleh karena itu, jangan berikan anak berbagai jenis minuman, cukup susu dan air putih saja untuk mengurasi asupan gula. Saat anak berusia satu tahun, American Academy of Pediatric Dentistry menyarankan agar orang tua membawa anaknya ke dokter gigi untuk diperiksa. Jika mengingat kembali kenangan di masa kecil, besar kemungkinan tidak suka menyikat gigi. Ya, banyak anak yang menghindari menyikat gigi karena tidak mengetahui betapa pentingnya menjaga kebersihan mulut dan gigi. Walaupun mereka tidak peduli, sebagai orang tua, Mums dan Dads harus membiasakan anak-anak menjaga kebersihan mulut dan gigi sejak balita.

Sekolah internasional, Global Prestasi School menyediakan well being care dental verify. Klinik kesehatan gigi ini merupakan fasilitas perawatan gigi dan pengobatan penyakit lain bagi seluruh siswa GPS. Klinik ini memiliki praktisi dokter umum dan dokter gigi yang bersertifikasi dan handal di bidangnya. Orangtua juga harus menyikat gigi anak sebanyak dua kali sehari dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi seukuran sebutir beras. Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya melakukan flossing atau pembersihan dengan benang gigi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk itu, ia mengimbau agar orang dewasa dan anak-anak selalu menjaga kesehatan mulutnya.