array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis cocok dengan mahasiswa Time  

Bahlil Cerita Masa Kecil Untuk Dorong Mahasiswa Di Kampungnya Jadi Pengusaha

“Jika kalian berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat,” ujar salah satu dosen UPN Jogja, Hani Subagio. Jika respon produk Anda tidak atau kurang memuaskan, terus perbaiki dan buatlah berulang kali sampai produk Anda mendapatkan respon yang baik dari pelanggan. Mahasiswa merupakan agen penggerak perubahan bangsa yang akan memegang estafet kepemimpinan di masa yang akan datang. Mahasiswa harus berperan aktif untuk mempelopori terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Untuk itulah mulai dari sekarang, seorang mahasiswa harus merubah paradigm cara berpikirnya. Jika kamu belum punya ide, temukan sebuah produk yang berhasil di pasar.

Tak lupa, mereka juga memanfaatkan jaringan on-line untuk mempromosikan produk mereka baik di media sosial, hingga penggunaan jasa online delivery. Di Indonesia sendiri, sudah banyak generasi muda yang sukses membangun bisnis kuliner. Seperti Eatlah, makanan dengan konsep ready-to-go ini digagas oleh sekelompok anak muda bernama Michael Chrisyanto, Charina Prinandita, dan Riesky Vernandes. Ide bisnis untuk mahasiswa pemula berikutnya adalah menjadi blogger. Yup, buat sebagian besar orang mungkin masih menganggap bila profesi seorang blogger hanya sebatas menulis topik-topik tertentu. Padahal, blogger menjadi salah satu dari sekian profesi yang banyak diminati karena penghasilannya cukup menggiurkan.

Selain itu, ada banyak dukungan lain yang bisa mendorong mahasiswa untuk mulai merintis usaha baru, seperti program mentoring antara mahasiswa dan pengusaha sukses dan program pendanaan usaha rintisan dari pemerintah. Meskipun betul bahwa mahasiswa harus meluangkan banyak waktu untuk belajar, namun jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik maka Anda bisa menjalankan bisnis sambil tetap belajar di kampus. Bahkan, merintis usaha sendiri bisa membantu menyelesaikan pendidikan yang sedang dijalani jika bidang bisnis yang dirintis sesuai dengan pelajaran yang diambil. Pentingnya wirausaha bagi kesejahteraan suatu bangsa tidak lagi diragukan kebenarannya. Sehingga menambah jumlah wirausaha di sebuah negara termasuk Indonesia menjadi kunci untuk bangsa yang sejahtera.

Hadir sebagai Narasumber tunggal yaitu oleh Muhammad Rahman Firdaus menjadi moment yang ditunggu seluruh peserta. pemateri yang merupakan founding dan proprietor dari BBenk Store, yang saat ini membuka cabang baru di Samarinda. Anak Bangsa ini menyampaikan bagaimana langkah-langkah dalam membangun sebuah usaha.

“Faktor ini timbul karena seseorang merasa ingin terbebas dari pengangguran,” ujarnya. Setelah kamu yakin dengan mental dan persiapan bisnis, sekarang saatnya untuk segera merealisasikan impianmu! Namun, kamu pun harus mampu menerapkan manajemen waktu yang baik, sehingga kegiatan perkuliahan, bisnis, dan aktivitas lainnya dapat berjalan dengan seimbang. Dalam memulai bisnis, kamu pasti membutuhkan beberapa hal untuk proses produksi dan distribusi. Karena itu, cobalah membuat daftar kebutuhan serta biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Di zaman perkembangan teknologi informasi saat ini kamu harus menguasai yang namanya teknologi dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis mu. Seperti misalnya kamu bisa melakukan promosi on-line lewat media sosial atau memanfaatkan e-commerce dan toko on-line. Selain itu teknik promosi yang inovatif juga harus dilakukan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Riset dan inovasi, lanjut dia, juga harus bisa mendukung perekonomian Indonesia dalam jangka panjang. ”Dengan demikian, keberadaan BRIN akan dirasakan masyarakat,” katanya. Sementara itu, Mendikbudristek Nadiem Makarim menegaskan, urusan riset dan teknologi sudah dekat dengan hatinya selama ini. Itu wajar karena rekam jejak Nadiem selaku pendiri perusahaan start-up berbasis teknologi Gojek yang terus berkembang sampai sekarang.

Selama di Indonesia, calon mahasiswa bisa jadi tidak terlalu memikirkan cara mengatur finansial, karena tinggal dekat dengan orang tua atau serumah dengan mereka. Hal tersebut dikarenakan seorang mahasiswa bisa menjadi mandiri dan mampu mengurus diri sendiri, lantaran jauh dari jangkauan orang tua. Diberlakukannya larangan mudik menimbulkan kekecewaan bagi pelaku usaha khususnya di bidang transportasi. Aturan larang mudik yang diberlakukan oleh pemerintah membuat pengusaha rental semakin terpukul lantaran selama ini omzet pengusaha rental menurun hingga 50% bahkan sampai 0%.