array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis cocok dengan mahasiswa Time  

7 Cara Mengatur Keuangan Yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Moms merasa sering kehabisan uang bahkan meskipun tanggal gajian masih dua minggu lagi? Cara ini menganut prinsip “Cukup nggak cukup ya dicukup-cukupin”. Setiap bulannya kamu wajib membuat anggaran operasional dengan alokasi biaya anggaran yang sudah ditentukan. Berapa biaya untuk makan dan minum selama di luar rumah, biaya way of life seperti kumpul dengan teman, beli buku, dll; dan keperluan biaya bulanan lainnya. Jangan melakukan pengeluaran di luar dari biaya anggaran yang ditentukan. Pola ini baik untuk kamu belajar disiplin terhadap pengeluaran.

Daripada jajan atau makan di luar, biasakan untuk memasak di rumah. Dengan adanya transparasi keuangan, ALovers dan pasangan bisa dengan lebih cermat dalam melakukan perencanaan dan mengatur keuangan keluarga. Misalnya Dana darurat ALovers masih sedih, dengan begitu, ALovers bisa menggenjot dana darurat tersebut.

“Harus ada beberapa batasan,” ujarnya, yang menambahkan bahwa itu juga berlaku untuk keluarga. “Ada begitu banyak yang berubah, jadi bersikap sangat terbuka terhadap cara-cara lain untuk bekerja dan membantu orang-orang akan benar-benar menguntungkan Anda selama masa ini.” Namun meski bekerja di rumah, Cole-Davis mengatakan agar kita tetap fokus dan antusias dalam bekerja. “Jadilah proaktif,” katanya, sebelum menambahkan untuk terus menjalin komunikasi yang baik.

Cara berhemat lain yang bisa kamu coba adalah dengan mencari kos yang dekat dengan kampus agar bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Sebaiknya kamu menghindari utang sejak mahasiswa agar tidak terbiasa hingga nanti sudah bekerja. Utang sepele seperti meminjam uang teman sementara waktu juga bisa menjadi kebiasaan yang buruk.

Pengamatan Raditya Dika menunjukkan bahwa saat ini orang-orang membeli barang karena mereka ingin menunjukkan dirinya kepada orang lain, bukan berdasarkan kebutuhan personal. Akibatnya kita menjadi boros karena terlalu fokus membeli barang untuk orang lain sehingga tidak memberikan maximum worth untuk dirinya sendiri. Jika uang tidak bisa dianggarkan untuk tabungan dan investasi secara bersamaan, anggarkan saja uang untuk investasi karena dengan investasi uang bisa berkembang sementara tabungan tidak. Pengeluaran biaya-biaya tidak terduga juga bisa ditekan karena uang sudah dialokasikan untuk setiap kebutuhan.

Kamu dapat dengan mudah mencatat pengeluaran hanya lewat handphone. Setelah mengetahui pengeluaran harian, kamu bisa mengevaluasi dimana pos keuangan yang masih bocor, yang bisa dikurangi, atau bahkan dihilangkan. Aplikasi Mobile Banking dari Danamon yang memiliki banyak fitur dan kelebihan, untuk membuat hidup kamu lebih mudah dan nyaman. Setelah menjalani masa pandemi akibat COVID-19, akhirnya banyak orang menyadari pentingnya keberadaan dana darurat.

Tapi, coba deh dahulukan hal lain yang lebih penting dan tahan keinginan impulsive kamu. Untuk itu, coba mulai abaikan diskon barang yang belum tentu kamu butuhkan. Dengan begitu, proses mengatur keuangan yang kamu terapkan bisa berjalan makin lancar. Intinya, hindari berhutang hanya untuk mengikuti tren dan memenuhi keinginan konsumtif kamu. Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita patut bersyukur bilmana masih mendapat penghasilan.

Laksanakan anggaran keuangan yang telah disusun dengan konsekuen dan disiplin. Apabila masih belum cukup, tentu saja Anda harus menambah sumber pendapatan. Jika rencana anggaran keuangan sudah dirancang dengan baik, patuhilah anggaran tersebut sedemikian rupa karena apabila tidak, anggaran keuangan itu hanya sekedar rencana dan tidak terealisasi. Setelah seluruh sumber pendapatan Anda catat, sekarang daftarkan seluruh biaya yang harus Anda keluarkan dalam sebulan. Hal-hal yang wajib sebaiknya didahulukan seperti, membayar kos, pulsa telepon, uang transportasi, uang kuliah, uang makan sehari-hari, uang pembelian buku, fotocopy dan alat tulis.

Tips mengatur keuangan

Risiko investasinya juga relatif rendah namun tetap bisa memberikan pertumbuhan nilai yang lumayan. Lakukanlah evaluasi pengeluaran bulanan agar sesuai dengan budget yang telah ditetapkan sebelumnya. Sisir setiap pos pengeluaran jika belanja bulanan melebihi finances yang direncanakan.

Sejauh ini, emas dan deposito adalah pilihan yang paling masuk akan bagi para first jobber dengan gaji yang tak jauh-jauh dari UMR. Selain biaya untuk tempat tinggal, biaya untuk transportasi juga bisa menjadi celah lain untuk menghemat pengeluaran. Caranya adalah dengan menyewa tempat tinggal yang dekat tempat kerja atau memanfaatkan kendaraan umum.