array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis cocok dengan mahasiswa Time  

6 Cara Menjadi Pengusaha Muda Sejak Mahasiswa

“Acara hari ini sangat inspiratif dan mendidik terutama buat orang-orang seperti saya yang ingin menjadi pengusaha. Saya yakin mahasiswa lainnya terinspirasi dan tergerak untuk menjadi pengusaha ke depannya,” imbuh Aidil. Dalam kuliah umum ini Mardani banyak memberikan motivasi, ideas untuk bisa menjadi pengusaha dan juga banyak membahas peluang perekonomian Indonesia ke depan. Amat disayangkan ternyata tidak banyak mahasiswa yang memahami akan peran yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sadar akan Tri Darma yang telah mereka ikrarkan ketika baru masuk dalam jenjang menjadi seorang mahasiswa.

Ubpa merasa puas dan senang bisa memiliki usaha sambil kuliah apalagi di bidang pertanian sesuai jurusan yang diemban. Menjalankan usaha tidak selalu lancar, Ubpa dan tim juga merasakannya hambatan dan tantangan dalam berwirausaha. Dari tim sendiri, pengelolaan keuangan juga masih kurang” ujar Ubpa. Selama ini agar tidak mengganggu jadwal masing-masing, Ubpa dan tim selalu membagi tugas dan mengatur jadwal mingguan.

Saya yakin, adik-adik yang hadir disini bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Ingat, jika ingin sukses jauhi pula pergaulan bebas dan narkoba,” harapnya. Bupati Agus Suradnyana memang didaulat menjadi pembicara tunggal dalam kuliah umum serangkaian dengan Dharma Duta Week tersebut. Pasalnya, Pria dari Desa Banyutis, Kecamatan Banjar ini, tidak hanya dikenal sebagai politikus sukses, namun juga sukses dengan sejumlah usaha miliknya.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Semangat pantang menyerah dan kerja keras menjadi modal penting seorang pengusaha. SLEMAN – Saat ini, hampir setiap orang memiliki impian untuk memulai bisnis mereka sendiri, termasuk mahasiswa. Bayangkan, dengan status masih menjadi mahasiswa tapi memiliki bisnis dan juga penghasilan sendiri.

Jasa printing ini dapat dibuka di tempat tinggal, seperti di rumah, kost atau kontrakan Anda. Bahkan jasa printing ini dapat dijadikan rintisan bisnis untuk dikembangkan menjadi bisnis percetakan yang lebih besar setelah lulus kuliah. Wakil Rektor 2 H Noor Shodiq Askandar menambahkan, semestinya mahasiswa yang ditempa pembelajaran sejak bangku SD sampai perguruan tinggi harus menjadi job kreator. la rnengibaratkan, dengan bahan baku yang lebih dari pada lulusan SMA semestinya sudah tldak lagi menjadi pencari kerja, tapi malah membuka lapangan usaha. Lantaran menurutnya, bisnis itu bisa dilakukan oleh siapasaja dan dimana saja. Namun yang terpenting pahami ilmunya dulu, serta memiliki visi wirausaha, dantidak perlu berpikir terlalu lama untuk memulai usaha.

Bisnis jasa foto dan video juga merupakan bisnis sampingan mahasiswa yang berhubungan dengan hobi. Bisnis ini biasanya ditekuni mahasiswa jurusan fotografi, sehingga mereka dapat berbisnis sekaligus mengaplikasikan materi yang didapat di kampus. Walaupun awalnya hanya sebagai bisnis sampingan sewaktu kuliah, namun bisnis ini berpotensi besar jika dilakukan dengan baik dan manajemennya bagus. Sehingga dapat menjadi rintisan bisnis yang serius setelah lulus kuliah nantinya. Disisi lain, Dharma Duta Week yang digelar Jurusan Dharma Duta STAH Negeri Mpu Kuturan SIngaraja, merupakan ajang kreativitas yang bertajuk pameran pendidikan.

Wawan menyebut, program kewirausahaan di kampus menjadi sangat penting mengingat angka pengangguran di Indonesia terus meningkat. Sehingga, wirausaha sebenarnya dapat menjadi salah satu alternatif. “Kita bisa maksimalkan wirausaha ini untuk membuka lapangan kerja buat orang lain. Popularitas fb yang semakin meningkat, tentunya jangan sampai disia-disiakan oleh kita selaku pebisnis digital. Di Indonesia, popularitas facebok mampu bersaing dengan popularitas google.

Mahasiswa juga akan banyak mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana cara membungkus hasil komoditas tersebut dengan baik, cara memasarkan produk dan lain sebagainya. Menjadi pengusaha di bidang agraris ini sangat menguntungkan mengingat Indonesia adalah sebuah negara dengan pertanian yang kaya. Manajemen bisnis adalah sebuah program studi atau jurusan perkuliahan yang akan memberikan peluang untuk menjadi seorang pengusaha setelah lulus nanti.

Bahkan dapat digunakan untuk merintis bisnis yang lebih serius, sebagai awal dari bisnis yang akan ditekuni setelah lulus kuliah nantinya. Sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa kampus selain menjadi tempat belajar materi kuliah, juga menjadi titik awal mahasiswa untuk merintis bisnis dari nol. Dekan FTI UMI, Zakir Sabara mengatakan, kegiatan kali ini, menjadi hal yang membanggakan. Sebab, UMI khususnya mahasiswa bisa memberikan pemahaman dalam meningkatkan jiwa pengusaha. Lagian, mahasiswa juga memiliki peluang untuk meningkatkan nilai usaha. “Ayo mahasiswa, mari mulai berwirausaha. Memiliki usaha sendiri, mengembangkan usahanya, membuka lapangan kerja dan nantinya bisa menjadi pengusaha yang sukses,” katanya, Senin (5/4/2021).

Seperti yang disampaikan di atas, bahwa bisnis online merupakan bisnis yang membutuhkan modal sangat sedikit. Bagaimana tidak, karena dilakukan secara online, tentu operasional yang dilakukan hanya sedikit. Dengan kemajuan teknologi dan informasi yang terjadi, maka peluang membangun bisnis on-line yang besar akan semakin memungkinkan. Bagaimana tidak, seiring dengan berkembangnya waktu, maka teknologi akan semakin berkembang. Dan hal tersebut tentunya dapat dimanfaatkan sebagai inovasi untuk mengembangkan bisnis akan semakin besar. Upaya mengatasi penyebaran Corona juga sudah gencar dilakukan oleh pemerintah, mulai dari menerapkan Physical Distancing dan kini telah ditingkatkan menjadi PSBB .