array(2) { [0]=> string(6) "Roboto" [1]=> string(81) "ital,[email protected],100;0,300;0,400;0,500;0,700;0,900;1,100;1,300;1,400;1,500;1,700;1,900" }
Bisnis cocok dengan mahasiswa Time  

17 Bisnis Yang Cocok Untuk Anak Muda Pemula Dengan Modal Kecil

Biasakan menunggu sekitar 5 detik sebelum memberikan respon terhadap apapun yang tipe orang ini katakana kepada kamu. Tujuannya kamu akan memiliki cukup waktu untuk mengatur emosi. Mencampur adukan emosi dalam berkomunikasi kadangkala bisa membawa petaka bagi kehidupan kamu. Biasakan melatih diri kamu untuk memberi tanggapan yang sesuai dengan keinginan lawan bicara kamu.

Yang perlu Kamu siapkan saat masih berada dibangku sekolah adalah Pengetahuan dan Manajemen waktu terlebih dahulu. Mulailah dengan bisnis kecil terlebih dahulu untuk meminimalisir kebutuhan modal. Setelah menentukan jenis usaha yang akan dibuka, Anda harus melakukan uji pasar.

Cara lain yang bisa dilakukan, misalnya kamu seorang yang senang melukis. Kamu bisa melukis dan menjadikan hasil karya lukis kamu menjadi usaha kamu yang tentu saja bisa mendulang uang. Pastikan kamu mengenali betul apa passion kamu jika modal uang tidak punya. Setidaknya dengan passion, hobi dan kesenanganmu bisa dijadikan lahan untuk menciptakan sesuatu. “Jika kalian berminat untuk terjun ke dalam sebuah bisnis, pastikan memilih jenis bisnis yang paling tepat,” ujar salah satu dosen UPN Jogja, Hani Subagio.

“Jadi, bukan keniscayaan kita akan mempunyai banyak pengusaha milenial yang bisa menjadi pemain di tingkat world dan mengharumkan nama Indonesia,” katanya. “Tidak hanya itu, kita juga harus mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas pengusaha melalui program pelatihan vokasi,” katanya. Wakil Ketua Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah mempunyai daya ungkit ekonomi di tengah tekanan akibat pandemi COVID-19. “Melihat potensi pasar yang masih besar di regional Permata Pamulang. Kami mencoba menyediakan inovasi di bisnis kopi, seperti kolaborasi dengan model lain untuk sharing market,” jelasnya.

Semua itu tidak terlepas dari peran orang tua yang selalu mendukungnya. Mentor adalah orang yang akan membimbing Anda dalam mencapai kesuksesan bisnis. Mentor juga bisa menjadi suplemen semangat di kala Anda merasa jatuh atau terpuruk.

Beberapa waktu lalu rumah mode Louise Vuitton bahkan mengeluarkan tas dengan bentuk pesawat yang banderol dengan harga sekitar Rp 500 juta. Bahkan kini, dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Sabtu (1/5/2021) terdapat sebuah tas mungil dengan bentuk kursi yang jadi sorotan. Pasalnya, tas dengan jenis sling bag tersebut tidak bisa untuk menampung barang apapun.

Cara menjadi pengusaha muda

Selama ini ekspor nasional masih didominasi oleh produk-produk komoditas, sehingga perlu lebih memperhatikan aspek penambahan nilai dan keberlanjutan dari komoditas tersebut,” kata Arsjad. Di lain sisi, peran kunci teknologi digital dalam eksistensi bisnis UMKM perlu diakselerasi lewat ekosistem usaha berbasis information dan ekonomi digital. Alokasi anggaran untuk UMKM diberikan melalui enam stimulus. Di antaranya subsidi bunga UMKM, bantuan produktif usaha mikro, subsidi imbal jasa penjaminan , penempatan dana pada Bank Umum, insentif pajak dan restrukturisasi kredit. “Mulai sekarang harus berpikir jadi entrepreneur, menjadi pengusaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain,” pesannya.

Ikuti pelatihan, workshop, atau kelas-kelas hobi untuk mengasah kemampuanmu. Karena sudah merelakan masa muda Anda, maka jangan sia-siakan hal tersebut. Pakailah seluruh energi yang dimiliki untuk membuktikan bahwa bisnis ini dapat berjalan dan berkembang dengan sebaik mungkin.

Karina Mecca dan Keshia Deisra adalah pendiri Dulcet Patisserie, usaha kue-kue yang berbasis di Jakarta. Bisnis ini bermula dari kegemaran Keshia membuat kue untuk keluarga serta teman-teman. Setelah mendapat respons positif, Keshia memutuskan melebarkan sayap dan mendirikan bisnis kecil pada tahun 2011. Dia berpartner dengan Karina yang berfokus pada aspek pemasaran.

Sebab, lanjutnya, hidup itu bukan soal passion, tetapi bagaimana mencari kesempatan. Meskipun demikian, ayahnya pun menasihatinya agar mengikhlaskan itu. Saat itu, katanya, ia diyakinkan bahwa modal Rp300 ribu dari sang ibu yang diikhlaskannya itu akan diganti Allah SWT menjadi Rp3 miliar. Betul saja, lanjutnya, hari ini omset per bulan dari keseluruhan usahanya pun sudah mencapai angka tersebut. Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko yang nantinya akan terjadi.